TUGAS SOFTSKILL 2 KOMUNIKASI BISNIS
CONTOH
PROSES DARI UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI BISNIS
A. Pengetian
unsur-unsur komunikasi menurut ahli
v Menurut Aristoteles,
ada tiga unsur komunikasi yaitu siapa yang berbicara, apa yang dibicarakan, dan
siapa yang mendengarkannya.Pandangan Aristoteles ini menurut sebagian besar
para ahli komunikasi dinilai lebih tepat untuk mendukung suatu proses
komunikasi publik dalam bentuk pidato atau retorika. Hal ini disebabkan pada
zaman Aristoteles retorika menjadi bentuk komunikasi yang sangat populer bagi
masyarakat Yunani pada saat itu.
v Unsur Komunikasi Menurut Claude E Shannon & Warren Weaver
Unsur komunikasi yaitu pengiriman, transmitter, penerima, tujuan, dan signal. Kesimpulan tersebut berdasarkan atas studi yang mereka lakukan mengenai pengiriman pesan radio dan telpon.
Unsur komunikasi yaitu pengiriman, transmitter, penerima, tujuan, dan signal. Kesimpulan tersebut berdasarkan atas studi yang mereka lakukan mengenai pengiriman pesan radio dan telpon.
v Unsur Komunikasi Menurut Charles Osgood Gerald Miller & Melvin L De Fluer
Mereka menambahkan efek dan umpan balik sebagai unsur unsur komunikasi. Umpan balik dan efek sebagai unsur komunikasi yang nantinya akan lebih banyak dikembangkan pada proses komunikasi antarpribadi dan komunikasi massa.
Mereka menambahkan efek dan umpan balik sebagai unsur unsur komunikasi. Umpan balik dan efek sebagai unsur komunikasi yang nantinya akan lebih banyak dikembangkan pada proses komunikasi antarpribadi dan komunikasi massa.
v Unsur Komunikasi Menurut Joseph de Vito, Sereno, Erika Vora
Mereka menilai lingkungan adalah unsur komunikasi yang tidak kalah pentingnya dalam mendukung terjadinya proses komunikasi.
Mereka menilai lingkungan adalah unsur komunikasi yang tidak kalah pentingnya dalam mendukung terjadinya proses komunikasi.
B. Unsur-unsur
komunikasi lebih lengkap
Terdapat beberapa
unsur komunikasi, antara lainnya adalah :
v Komunikator
Komunikator merupakan pihak yang bertindak
sebagai pengirim pesan dalam proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator
adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki inisiatif untuk menjadi
sumber dalam sebuah hubungan atau interaksi.
Komunikator tidak hanya berperan sebagai
pengirim pesan saja. Akan tetapi juga memberikan sebuah respon atau tanggapan
dan menjawab dari proses komunikasi yang sedang berlangsung. Baik itu secara
langsung maupun tidak langsung.
v Pesan atau
Informasi
Pesan atau informasi merupakan keseluruhan apa
yang disampaikan oleh komunikator. Pesan bisa berupa sebuah kata-kata, tulisan,
gambaran, atau sebuah perantara lainnya.
v Sarana Komunikasi
atau Channel
Sarana komunikasi atau channel dapat disebut dengan media yang digunakan sebagai penyalur
pesan dalam sebuah proses komunikasi.
v Komunikan
atau Receiver
Komunikan adalah sebutan bagi orang yang
menerima pesan atau berita yang disampaikan oleh komunikator. Komunikan dapat
terdiri dari satu roang atau lebih dan bisa pula dalam bentuk kelompok. Dalam
sebuah proses komunikasi, komunikasi merupakan elemen penting karena dialah
yang menjadi sasaran komunikasi dan bertanggung jawab untuk bisa mengerti pesan
yang disampaikan dengan baik dan benar.
v Umpan Balik
atau Feedback
Umpan balik bisa diartikan sebagai jawaban
komunikan atas pesan yang diberikan oleh komunikator kepadanya. Pada komunikasi
yang dinamis, komunikator dan komunikan akan terus menerus bertukar peran.
v Dampak atau
Effect
Dampak adalah efek perbedaan yang dialami oleh
komunikan sebelum dan sesudah menerima pesan. Apabila sikap dan tingkah laku
komunikan berubah sesuai dengan isi pesan, maka komunikator telah berhasil
dengan baik. Dampak atau effect sesungguhnya dapat dilihat dari personal
opinion, public opinion, ataupun majority opinion.
Keterangan:
Ø Encoding adalah proses penyandian, yakni
proses pengalihan pikiran kedalam bentuk lambing.
Ø Decoding adalah proses dimana komunikan
menetapkan makna pada lambang yang disampaikan oleh komunikator kepadanya.
Ø Noise adalah gangguan tak terencana yang
terjadi dalam proses komunikasi sebagai akibat diterimanya pesan lain oleh
komunikan yang berbeda dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator
kepadanya.
C. Contoh
proses dari unsur-unsur komunikasi dalam bisnis
Contoh Proses Komunikasi Bisnis Pesan
bisnis merupakan satu pesan atau surat yang digunakan untuk menyampaikan
informasi mengenai penyelenggaraan kegiatan bisnis baik secara tertulis maupun
tidak tertulis dari pengirim kepada penerima, bisa perseorangan maupun
organisasi.
Didalam komunikasi bisnis sendiri
adanya pesan bisnis dianggap penting demi dapat mencapai tujuan bisnis maupun
harapan yang ingin dicapai. Tanpa adanya pesan bisnis maka informasi-informasi
yang seharusnya disampaikan tidak dapat tersampaikan. Pesan bisnis sendiri
dapat melalui dua macam-macam media komunikasi, yaitu media komunikasi tertulis
dan juga media komunikasi lisan. Berikut ini ada beberapa contoh pesan bisnis
dalam komunikasi bisnis yang akan dibahas secara lengkap dan jelas.
v Surat Penawaran Kerja Sama
Contoh pesan bisnis dalam komunikasi
bisnis yang pertama adalah melalui surat. Surat yang dimaksud disini adalah
surat yang mengandung informasiinformasi yang berkaitan dengan kegiatan bisnis,
baik penawaran kerjasama bisnis maupun penawaran produk yang dihasilkan. Salah
satu contoh yang paling mudah adalah adanya surat penawaran kerjasama, dimana
satu perusahaan menawarkan kerjasama dalam suatu bidang tertentu kepada
perusahan lainnya yang dianggap masih dalam kegiataan bisnis yang sama.
Penawaran kerjasama ini juga biasanya akan bertujuan untuk memajukan kegiatan
bisnis perusahaan secara bersama-sama demi laba yang semakin besar. Surat
penawaran ini juga merupakan salah satu contoh pesan persuasif dalam komunikasi
bisnis.
v E-mail Penawaran Produk
Semakin adanya kemajuan teknologi
juga lebih memudahkan pesan-pesan bisnis untuk tersampaikan, salah satunya
melalui e-mail sebagai salah satu contoh media komunikasi modern.
Salah satu contohnya adalah e-mail
bisnis mengenai penawaran produk. Suatu perusahan melalui divisi marketingnya
akan banyak menawarkan produk-produk yang dihasilkannya melalui e-mail. Sebagai
contoh seperti banyak perusahaan-perusahaan e-commerce yang akan mengirimkan
notifikasi mengenai produk-produk barunya melalui e-mail pada para
pelanggannya.
v Laporan Perusahaan
Tidak hanya yang berkaitan dengan
penawaran kerjasama maupun penawaran produk saja, tetapi laporan-laporan
perusahaan, memo perusahaan, dan lain sebagainya yang masih didalam lingkup
kegiatan bisnis yang berjalan juga termasuk sebagai pesan bisnis. Mengapa
demikian? Karena didalamnya masih mengandung informasiinformasi mengenai
kegiatan bisnis yang berlangsung dalam suatu perusahaan atau organisasi. Oleh
sebab itu, laporan perusahaan juga menjadi contoh pesan bisnis yang ada dalam
komunikasi bisnis.
v Pertemuan atau Pidato
Pernahkah anda datang pada grand
launching produk komunikasi seperti handphone? Kegiataan ini banyak dilakukan
oleh perusahaan apple atau samsung yang ingin melunjurkan produk terbaru mereka.
Melalui pertemuan yang dilakukan tersebut, didalamnya juga sebenarnya terdapat
pesan bisnis yang disampaikan dimana juga bertujuan untuk mempengaruhi audience
untuk membeli produk terbaru mereka. Pidato yang disampaikan mengenai
kualifikasi atau informasi-informasi mengenai produk-produk terbaru mereka yang
akan diluncurkan juga merupakan suatu pesan bisnis melalui media komunikasi
lisan.
v Telemarketing
Tidak hanya melalui suatu pertemuan
atau pidato saja, media komunikasi lisan juga banyak digunakan untuk
penyampaian pesan bisnis seperti melalui telemarketing. Jadi suatu perusahaan
biasanya akan memiliki divisi telemarekting sendiri yang bertujuan untuk
menawarkan produk kepada konsumen maupun mengajukan kerjasama dengan perusahaan
lain yang dilakukan melalui telfon.
Referensi :
https://www.academia.edu/35662781/KOMUNIKASI_BISNIS.docx
https://sahabatnesia.com/unsur-unsur-komunikasi/
bisnis/amp/
Komentar
Posting Komentar